• Home
  • Astro Goods
  • Jaminan Segar
  • Karir
  • Referral
  • Tentang Astro
  • Blog
Syarat dan Ketentuan Astro
Instant Delivery & Scheduled Delivery
Berlaku mulai dari 19 Juni 2023
  • INDONESIA
  • ENGLISH
Selamat datang di Astro!!

Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur layanan yang ditawarkan oleh PT Astro Technologies Indonesia ("Astro") terkait penggunaan aplikasi Astro ("Syarat dan Ketentuan") dan merupakan bentuk kesepakatan antara Astro dengan pihak yang mendaftar dan/atau menggunakan aplikasi Astro ("Pengguna"). Pengguna wajib membaca Syarat dan Ketentuan berikut sebelum menggunakan aplikasi Astro dan penggunaan aplikasi Astro menunjukkan penerimaan dan kepatuhan terhadap Syarat dan Ketentuan di bawah ini.

Aplikasi Astro dikelola oleh Grup Perusahaan Astro, termasuk anak perusahaan dan perusahaan afiliasinya ("Kami", "Milik Kami" atau "Astro"). Dengan mengakses dan/atau menggunakan aplikasi, Pengguna mengakui bahwa Pengguna telah membaca dan memahami, dan menyetujui untuk terikat oleh Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan di bawah ini dan syarat dan ketentuan lainnya dalam kaitannya dengan aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada kerahasiaan dan FAQ, yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan. Pengguna wajib setidaknya berusia 18 (delapan belas) tahun untuk menggunakan aplikasi Astro.

Astro berhak untuk mengubah, memodifikasi, menambah dan menghapus Syarat dan Ketentuan ini sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Syarat dan Ketentuan wajib dibaca secara berkala. Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan ini. Apabila Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di aplikasi Astro.

Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan ini. Apabila Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di aplikasi Astro.

  1. Definisi
  2. Akun, Password dan Keamanan
  3. Barang
  4. Transaksi Pembelian
  5. Pemesanan Melalui Astro Instant Delivery dan Astro Scheduled Delivery
  6. Proses Pengiriman Barang dan Perubahan Waktu Pengiriman Terjadwal
  7. Ketentuan Penggantian Barang, Kelengkapan Barang, Pengembalian Barang, Pembatalan Barang, dan/atau Pengembalian Dana (Refund)
  8. Harga
  9. Promo
  10. Metode Pembayaran
  11. Pengiriman Barang
  12. Lain-Lain
A. Definisi
  1. Akun adalah akun milik Pengguna yang terdaftar pada sistem Astro.
  2. Aplikasi adalah perangkat lunak milik Astro yang dapat diunduh melalui sistem operasi iOS dan Android yang digunakan oleh Astro untuk menjalankan kegiatan usaha dimana aplikasi tersebut dapat digunakan oleh Astro dan Pengguna sebagai sarana transaksi jual beli secara online (e-commerce).
  3. Barang adalah produk atau barang dagangan yang berwujud/ memiliki fisik Barang yang dapat diantar/ memenuhi kriteria pengiriman oleh Astro.
  4. Biaya Jasa Pengiriman Barang adalah biaya pengiriman atas pembelian Barang melalui Aplikasi Astro sebagaimana dijelaskan dalam Bagian K – Pengiriman Barang.
  5. Biaya Layanan adalah biaya penggunaan layanan belanja di Aplikasi untuk tujuan pemeliharaan sistem dan peningkatan kualitas layanan.
  6. Metode Pembayaran adalah metode yang tersedia bagi Pengguna dalam melakukan kegiatan transaksi uang, termasuk namun tidak terbatas pada virtual account dan pilihan metode pembayaran lainnya sebagaimana tercantum dalam Bagian I – Metode Pembayaran pada Syarat dan Ketentuan ini.
  7. Pengiriman Barang adalah pengiriman atas Barang oleh Driver Astro ("Astronauts") yang merupakan hasil transaksi jual beli yang dilakukan melalui Aplikasi Astro.
  8. Pengiriman Terjadwal adalah opsi pilihan Pengiriman Barang di Aplikasi Astro melalui fitur Astro Scheduled Delivery dimana Pembeli dapat memilih estimasi waktu pengantaran pesanan sesuai kebutuhan.
  9. Pengiriman Instan adalah layanan pengiriman instan untuk Astro Instant Delivery dengan estimasi Pengiriman Barang yaitu 30 (tiga puluh) menit sampai dengan 2 (dua) jam setelah pembayaran terverifikasi oleh Astro, dan pengiriman dapat dilakukan kapan saja (24 jam setiap hari).
  10. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Astro, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, maupun pihak lain yang berkunjung ke Aplikasi Astro.
  11. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan pembelian atas Barang yang dijual oleh Astro melalui Aplikasi Astro.
  12. PT Astro Technologies Indonesia adalah suatu perseroan terbatas, berdomisili, beralamat di Graha Antero, Lt. 5-6, Jl Tomang Raya No. 27, Kel. Tomang, Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Indonesia 11440, yang menjalankan kegiatan usaha perdagangan eceran melalui media dan portal web astronauts.id.
    Selanjutnya disebut "Astro".
  13. Quality Control adalah kegiatan yang dilakukan oleh Astro untuk memastikan kelayakan Barang sebelum dilakukannya transaksi jual beli Barang dan/atau Pengiriman Barang.
  14. Rekening Resmi adalah rekening bersama yang disediakan oleh Astro untuk proses transaksi jual beli di Aplikasi Astro sebagaimana tercantum dalam Bagian J – Rekening Resmi pada Syarat dan Ketentuan ini.
  15. Instant Delivery adalah fitur dimana Pembeli dapat menjadwalkan waktu Pengiriman Terjadwal yang diinginkan dengan pilihan lebih dari 3000+ (lebih dari tiga ribu) Barang.
  16. Scheduled Delivery adalah fitur dimana Pembeli dapat menjadwalkan waktu Pengiriman Terjadwal yang diinginkan dengan pilihan lebih dari 15.000+ (lebih dari lima belas ribu) Barang.
  17. Syarat dan Ketentuan adalah perjanjian antara Astro dan Pengguna yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab Astro dan Pengguna, serta tata cara penggunaan sistem layanan Astro.
B. Akun, Password dan Keamanan
  1. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam perjanjian yang sah menurut hukum yang berlaku di negara Republik Indonesia.
  2. Astro tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna.
  3. Pengguna bersedia untuk memberikan data dan informasi pribadi, termasuk namun tidak terbatas pada nama, nomor telepon selular, alamat pribadi, alamat email, serta informasi lainnya yang dapat dibutuhkan untuk keperluan pendaftaran Akun dan verifikasi oleh Astro.
  4. Pengguna setuju untuk melakukan pendaftaran Akun untuk dapat mengakses dan melakukan transaksi jual beli melalui Aplikasi Astro.
  5. Pengguna yang telah mendaftar berhak bertindak sebagai Pembeli.
  6. Setelah melakukan pendaftaran Akun, Pengguna wajib melakukan verifikasi Akun melalui kode yang dikirimkan melalui Whatsapp atau SMS verifikasi.
  7. Astro akan melakukan verifikasi setelah Pengguna melakukan pendaftaran Akun dan melakukan verifikasi Akun melalui kode yang dikirimkan melalui Whatsapp atau SMS verifikasi.
  8. Pengguna memahami bahwa 1 (satu) nomor telepon hanya dapat digunakan untuk mendaftar 1 (satu) Akun, kecuali adanya persetujuan dari pihak Astro yang menyatakan bahwa Pengguna dapat menggunakan 1 (satu) nomor telepon untuk lebih dari 1 (satu) Akun.
  9. Astro tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau tindakan pelanggaran Syarat dan Ketentuan dan/atau hukum yang berlaku.
  10. Pengguna memiliki hak untuk melakukan perubahan pada nomor telepon selular sebagaimana disediakan oleh pihak Astro dan melakukan verifikasi Akun melalui kode yang dikirimkan melalui Whatsapp atau SMS verifikasi. Pengguna menyetujui bahwa setiap perikatan yang terjadi sebelum perubahan nomor telepon selular tetap mengikat Pengguna.
  11. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.
  12. Astro tidak akan meminta kode verifikasi milik Akun baik berupa kode yang dikirimkan melalui Whatsapp atau SMS verifikasi maupun kode verifikasi dalam bentuk lainnya untuk alasan apapun, oleh karena itu Astro menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan Astro atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.
  13. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Astro tidak bertanggung jawab sepenuhnya atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas upaya mengakses, penggunaan tanpa izin dan/atau penyalahgunaan Akun yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada menyetujui dan/atau memberikan akses masuk Akun yang dikirimkan oleh Astro melalui pesan notifikasi kepada pihak lain melalui perangkat Pengguna, meminjamkan Akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi milik Akun baik berupa kode yang dikirimkan melalui Whatsapp atau SMS verifikasi, maupun kode verifikasi dalam bentuk lainnya, maupun Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada Akun.
C. Barang
  1. Barang yang diperdagangkan memiliki informasi minimal yaitu nama/merek Barang dan jenis Barang.
  2. Dalam melakukan transaksi, Pembeli dianggap telah memahami dan menyetujui seluruh informasi/ deskripsi yang dibaca dan karenanya Pembeli bertanggung jawab atas seluruh informasi/ deskripsi tersebut.
  3. Untuk memastikan kualitas Barang yang akan diperjualbelikan, Astro melakukan Quality Control terhadap Barang tersebut dengan cara yang sewajarnya.
  4. Barang yang diperdagangkan di Aplikasi Astro tidak membahayakan keselamatan penggunanya, Barang tidak kadaluarsa, tidak memiliki bahan yang diklasifikasikan sebagai bahan berbahaya menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  5. Astro akan melakukan penggantian atau pengembalian dana dalam hal terdapat klaim atau laporan terkait dengan ketidaksesuaian atas Barang yang dikirimkan oleh Astro.
D. Transaksi Pembelian
  1. Saat melakukan pembelian Barang, Pembeli menyetujui bahwa:
    1. Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami dan menyetujui informasi/ deskripsi keseluruhan Barang (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi dan lainnya) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.
    2. Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari Barang sebagaimana terlihat di Aplikasi Astro tergantung pada monitor komputer dan layar handphone Pembeli. Astro telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan pada Aplikasi Astro muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Aplikasi Astro akan akurat.
    3. Pembeli masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Barang ketika Pengguna membeli suatu Barang.
  2. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Barang merupakan tanggung jawab Astro. Terkait ketersediaan stok Barang dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok Barang kosong, maka Astro akan melakukan pengembalian dana atas barang yang telah dibayarkan tersebut.
  3. Pembeli wajib melakukan pembayaran dengan metode pembayaran yang dipilih dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan beserta kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran.
  4. Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan segera setelah Pembeli melakukan check-out mengacu pada batas waktu dari masing-masing Metode Pembayaran yang digunakan oleh Pembeli. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran belum dilakukan oleh Pembeli, Astro memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi tersebut. Pembeli tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.
  5. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank Rekening resmi Astro adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
  6. Pengembalian dana dari Astro kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu sebagai berikut:
    1. Masalah pengiriman Barang telah teridentifikasi secara jelas yang mengakibatkan pesanan Barang tidak sampai kepada Pembeli.
    2. Astro tidak dapat mengirimkan pembelian Barang dikarenakan kehabisan stok, maupun penyebab lainnya.
    3. Penyelesaian permasalahan dan pengembalian dana dilakukan berdasarkan kebijakan Astro.
  7. Pembeli menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/ atau data pembayaran kepada pihak lain selain Astro. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pembeli kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pembeli.
E. Pemesanan Melalui Astro Instant Delivery & Astro Scheduled Delivery
  1. Melalui Astro Instant Delivery
    1. Pembeli dapat melakukan pembelian dan pemesanan Barang melalui Aplikasi Astro pada pilihan tab Astro Instant Delivery.
    2. Astro Instant Delivery akan melakukan Pengiriman Instant pada wilayah jangkauan yaitu JaDeTaBek (Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi).
    3. Pembeli dapat memilih waktu Pengiriman Instan yaitu: (i) 30 s/d 45 menit; atau (ii) 1 s/d 2 jam setelah pembayaran terverifikasi.
    4. Pembeli tidak dapat membatalkan transaksi yang telah dilakukan apabila pembayaran atas transaksi tersebut sudah diterima dan terverifikasi oleh Astro, kecuali dalam hal:
      1. Terdapat kesalahan penulisan dan/atau pemilihan alamat Pembeli;
      2. Pembeli ingin mengubah pesanan;
      3. Dalam hal Pembeli melakukan pembelian air mineral galon dan/atau gas LPG namun tidak memiliki galon atau tabung gas Pengganti;
      4. Pembeli tidak merasa melakukan pemesanan; dan/atau
      5. Pembeli tidak dapat Dihubungi.
  2. Melalui Astro Scheduled Delivery
    1. Pembeli dapat melakukan pembelian dan pemesanan Barang melalui Aplikasi Astro pada pilihan tab Astro Scheduled Delivery.
    2. Astro Scheduled Delivery akan melakukan Pengiriman Barang pada wilayah jangkauan yaitu Pluit, Puri, Citra 2, Pantai Indah Kapuk, Taman Palem, Tanjung Duren, Green Lake City, Bintaro Sektor 3, Bintaro Sektor 9, Bumi Serpong Damai (BSD), Pengumben Post, North Serpong, Cinere, Gandaria, Kemang, Lebak Bulus, Tebet, Kelapa Gading, Kemayoran, Menteng, Rawamangun, Pondok Kelapa, Margonda, Cibubur, Medan Satria Bekasi and Grand Wisata Bekasi.
    3. Pembeli dapat memilih jadwal waktu Pengiriman Barang dengan rentang waktu yang tersedia pada halaman check-out pemesanan.
    4. Pembeli tidak dapat membatalkan transaksi apabila pembayaran atas transaksi sudah diterima dan terverifikasi oleh Astro.
    5. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa dengan menggunakan layanan Pengiriman Terjadwal, Pembeli tidak dapat melakukan perubahan alamat Pengiriman Barang, sehingga mohon untuk pastikan alamat yang tercantum telah sesuai karena Astro tidak bertanggung jawab apabila terdapat kesalahan penulisan alamat Pengiriman Barang yang diisi oleh Pembeli yang mengakibatkan pesanan Barang tidak diterima oleh Pembeli.
F. Proses Pengiriman Barang dan Perubahan Waktu Pengiriman Terjadwal Melalui Astro Instant Delivery & Astro Scheduled Delivery
  1. Melalui Astro Instant Delivery
    1. Pembeli yang memilih layanan Astro Instant Delivery hanya dapat memilih Pengiriman Instan.
    2. Tidak ada batas waktu pengiriman untuk Pembeli yang memilih layanan Pengiriman Instan.
    3. Pengiriman Instan yang disediakan oleh Astro Instant Delivery dilaksanakan setiap hari pada 00.00 WIB sampai dengan 23.59 WIB (termasuk hari libur nasional).
    4. Pembeli tidak dapat melakukan permintaan pengubahan atas jenis Pengiriman Instan dari yang telah ditentukan sebelumnya oleh Pembeli.
  2. Melalui Astro Scheduled Delivery
    1. Pembeli dapat memilih waktu Pengiriman Terjadwal melalui Astro Scheduled Delivery sesuai dengan ketersediaan waktu pengiriman.
    2. Pengiriman Scheduled Delivery akan diantarkan sesuai dengan layanan yang tersedia pada aplikasi Astro dan bergantung pada ketersediaan layanan.
    3. Pengiriman Terjadwal yang disediakan oleh Astro Scheduled Delivery dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB, pada hari Senin sampai dengan hari Minggu (kecuali hari libur nasional).
    4. Pembeli tidak dapat melakukan permintaan pengubahan atas waktu Pengiriman Terjadwal menjadi lebih awal dari yang telah ditentukan sebelumnya oleh Pembeli.
    5. Pembeli tidak dibenarkan untuk mengganti alamat ketika sudah melakukan payment verified
    6. Jika Pembeli tidak dapat dihubungi maka Astro dibenarkan dan diberikan izin untuk melakukan drop off pembelanjaan pada lokasi yang ada seperti penyerahan di kantor kepada Resepsionis kantor, front office atau satpam internal kantor serta penyerahan yang dilakukan di rumah akan diserahkan kepada Anggota keluarga yang ada, asisten rumah tangga atau perwakilan lainnya yang disertakan dengan bukti foto kepada pembeli.
    7. Dalam hal Pembeli tidak dapat dihubungi dan barang telah di drop off di lokasi penyerahan sebagaimana tercantum pada huruf f diatas, maka pembeli sepakat untuk membebaskan Astro dari segala kewajiban dan tanggung jawab atas Barang yang telah dibeli tersebut.
G. Ketentuan Penggantian Barang, Kelengkapan Barang, Pengembalian Barang, Pembatalan Barang, dan/atau Pengembalian Dana (Refund)
  1. Penyelesaian penggantian barang, kelengkapan barang, dan/atau pengembalian barang
    1. Seluruh proses penyelesaian di atas wajib diinformasikan kepada Astro Care dalam bentuk laporan pengaduan paling lambat 1x24 jam terhitung setelah pesanan diterima oleh Pembeli.
    2. Pengaduan dapat diproses apabila Pembeli menyertakan video unboxing pada saat kemasan (Paperbag, box, amplop, dll) masih dalam keadaan terlindungi dengan “Segel Astro”.
    3. Astro berhak dan berwenang untuk tidak menerima pengaduan terkait dengan proses penyelesaian penggantian barang, kelengkapan barang, dan/atau pengembalian barang apabila ditemukan kecurangan pada saat unboxing kemasan atau unboxing yang tidak sesuai (contoh: video unboxing pada saat kemasan sudah dibuka/tidak tersegel).
  2. Proses Pengembalian Dana (Refund)
    1. Pengajuan pengembalian dana wajib diinformasikan kepada Astro Care dalam bentuk laporan pengaduan paling lambat 1x24 jam terhitung sejak pesanan diterima oleh Pembeli.
    2. Mengacu pada poin 1 diatas, pengaduan dapat ditinjau lebih lanjut apabila Pembeli menyertakan video unboxing pada saat kemasan (Paperbag, box, amplop, dll) masih dalam keadaan terlindungi dengan “Segel Astro”.
    3. Astro berhak dan berwenang untuk tidak menjalankan proses pengembalian dana apabila ditemukan kecurangan pada saat unboxing kemasan atau unboxing yang tidak sesuai (contoh: video unboxing pada saat kemasan sudah dibuka/tidak tersegel).
    4. Pengembalian dana yang mengacu pada poin c diatas, akan dilakukan ke Saldo Astro milik Pembeli.
    5. Pengembalian dana kepada Pembeli akan diproses dalam waktu 1x24 setelah diterimanya permintaan pengembalian dana dari Pembeli, dan akan dijalankan ke Saldo Astro milik Pembeli.
    6. Dalam hal ditemukan adanya dugaan pelanggaran, kecurangan, manipulasi dan/atau kejahatan terhadap Syarat dan Ketentuan Astro, Pengguna memahami serta menyetujui bahwa Astro berhak melakukan pemeriksaan dan melakukan penundaan pengembalian dana yang dilakukan oleh Pengguna.
    7. Astro dapat melakukan pemeriksaan dan penundaan pengembalian dana sebagaimana dimaksud dalam huruf f di atas sampai dengan 30 (tiga puluh) hari kerja terhitung sejak tanggal Pengguna mengajukan permintaan pengembalian dana.
    8. Apabila berdasarkan pemeriksaan Astro sesuai dengan huruf f di atas, Pengguna terbukti melanggar, melakukan kecurangan, manipulasi dan/atau kejahatan terhadap Syarat dan Ketentuan Astro, Astro berhak untuk melakukan pemblokiran atas akun Pengguna (dengan tetap mengedepankan tanggung jawab Astro kepada Pengguna) serta melanjutkan proses penegakan hukum sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia (jika diperlukan).
    9. Dalam hal Pembeli bermaksud melakukan penarikan dana dari saldo Astro, Pembeli dapat melakukannya dengan mengisi formulir penarikan dana yang terdapat pada aplikasi Astro. Astro akan menghubungi Pembeli melalui nomor telepon yang telah terdaftar untuk melakukan konfirmasi atas keterangan serta detail rekening bank yang akan menjadi tujuan penarikan dana.
    10. Dalam hal Astronauts terlambat dalam melakukan Pengiriman Barang kepada Pembeli, maka Astro akan melakukan pengembalian dana (refund) atas seluruh Biaya Jasa Pengiriman Barang.
    11. Dalam hal terjadi kegagalan pengiriman Barang yang disebabkan oleh kesalahan alamat melalui Scheduled Delivery , maka setelah 3 x 24 jam Pembeli tidak dapat melakukan pengembalian dana (refund) atas seluruh Biaya Barang dan Biaya Jasa Pengiriman.
H. Harga
  1. Pembeli setuju untuk melakukan pembayaran menggunakan Metode Pembayaran yang telah dipilih sebelumnya.
  2. Dengan melakukan pemesanan melalui Aplikasi, Pembeli menyetujui untuk membayar total harga yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari:
    1. total harga pembelian Barang;
    2. Biaya Jasa Pengiriman Barang; dan
    3. Biaya Layanan.
  3. Biaya Layanan yang akan dikenakan kepada Pembeli adalah sebesar Rp2.000,- (dua ribu Rupiah) untuk setiap transaksi pembelanjaan. Biaya Layanan dapat dilihat pada halaman pembayaran dan invoice.
  4. Biaya Layanan sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan yang berlaku di Republik Indonesia.
  5. Jika transaksi pembelanjaan dibatalkan seluruhnya, maka Biaya Layanan dan Biaya Jasa Pengiriman Barang akan dikembalikan sepenuhnya kepada Pembeli sesuai dengan proses pengembalian dana.
  6. Jika transaksi pembelanjaan dibatalkan sebagian, maka Biaya Layanan dan Biaya Jasa Pengiriman Barang tidak dapat dikembalikan.
  7. Astro dapat mengubah besaran Biaya Layanan sewaktu-waktu dengan pemberitahuan kepada Pembeli terlebih dahulu.
I. Promo
  1. Astro sewaktu-waktu dapat mengadakan kegiatan promosi (selanjutnya disebut sebagai "Promo") dengan Syarat dan Ketentuan yang mungkin berbeda pada masing-masing kegiatan Promo. Pengguna dihimbau untuk membaca dengan seksama Syarat dan Ketentuan Promo tersebut.
  2. Pengguna hanya boleh menggunakan 1 (satu) akun Astro untuk mengikuti setiap promo Astro. Jika ditemukan pembuatan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) Pengguna yang mempunyai informasi akun yang sama dan/ atau identitas pembayaran yang sama, maka Pengguna tidak berhak mendapatkan manfaat dari promo Astro.
  3. Pengguna akan mendapatkan Promo berupa cashback dalam bentuk Astro Points.
  4. Pengguna dapat berkesempatan untuk menerima serta menggunakan kupon/voucher terkait pelaksanaan Promo. Promo dalam bentuk kupon/voucher akan mengacu pada ketentuan syarat dan ketentuan terpisah dari masing-masing Promo kupon/voucher tersebut.
  5. Astro berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada menarik cashback, membatalkan benefit Rewards, pencabutan Promo, membatalkan transaksi, menahan dana, suspensi akun, penghapusan akun, serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan Promo untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran-pelanggaran Syarat dan Ketentuan Astro dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
J. Metode Pembayaran
  1. Pilihan metode pembayaran atas transaksi pembelian melalui Aplikasi Astro adalah sebagai berikut: (i) virtual account (VA); dan (iii) pilihan metode pembayaran lainnya (transfer melalui rekening bank, kartu debit, kartu kredit atau QRIS(e-wallet)).
  2. Pembeli yang melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit namun transaksi pembelian tersebut tidak berhasil dan/atau dibatalkan, maka tagihan atas transaksi tersebut akan dibatalkan dan dana transaksi akan dikembalikan ke limit kartu kredit Pembeli di tagihan berikutnya. Ketentuan pada ayat ini tidak berlaku untuk transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau Syarat dan Ketentuan Astro.
  3. Pembeli dilarang untuk mempergunakan pembayaran kartu kredit di luar peruntukan sebagai alat pembayaran.
  4. Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Astro. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli.
  5. Astro memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
K. Pengiriman Barang
  1. Pengiriman Barang dalam sistem Astro akan dilakukan oleh Astronauts yang telah dilatih untuk tunduk dan patuh pada Protokol Kesehatan COVID-19 dengan mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.
  2. Barang akan dikirimkan oleh Astronauts setelah pembayaran diterima oleh Pihak Astro, dan apabila melebihi dari waktu yang dijanjikan, Pengguna dapat menghubungi Astronauts melalui saluran telepon atau whatsapp yang tertera pada Aplikasi atau menghubungi layananCustomer Service Astro yang tersedia 24 jam di nomor +6281388888907.
  3. Pengguna memahami dan menyetujui untuk melakukan pembayaran Biaya Jasa Pengiriman Barang untuk Astro Instant Delivery yaitu sebesar (i) Rp15.000,- (lima belas ribu Rupiah) untuk pengiriman 30 s/d 45 menit; atau (ii) Rp5.000,- (lima ribu Rupiah) untuk pengiriman 1 s/d 2 jam, pada saat melakukan transaksi.
  4. Pengguna memahami dan menyetujui untuk melakukan pembayaran Biaya Jasa Pengiriman Barang untuk Astro Scheduled Delivery yaitu sebesar Rp5.000,- (lima ribu Rupiah) pada saat melakukan transaksi.
  5. Apabila terdapat permasalahan mengenai proses Pengiriman Barang oleh Astronauts, Pengguna dapat menghubungiCustomer Service Astro untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut.
  6. Apabila Astronauts berada dalam situasi ketika Pembeli tidak dapat dihubungi karena alasan apapun maka Astronauts akan menurunkan Barang pesanan di hub terdekat dan Customer Service akan mengatur Barang pesanan untuk dapat dikirimkan pada jadwal Pengiriman Barang yang disepakati antara Pembeli dan Astro.
  7. Apabila dalam jangka waktu 3 x 24 jam setelah Astronauts menurunkan Barang pesanan dan Pembeli tetap tidak dapat dihubungi dalam jangka waktu tersebut karena alasan apapun, maka pembeli sepakat untuk membebaskan tanggung jawab Astro atas Barang tersebut.
  8. Untuk memastikan kualitas Barang, Astro melakukanQuality Controlterhadap Barang.
  9. Dalam hal terjadi kendala proses Pengiriman Barang berupa Barang hilang, Barang rusak dan lain sebagainya, Pengguna dapat melaporkan ke pihak Astro paling lambat 1 x 24 jam sejak waktu Pengiriman Barang untuk dilakukan proses investigasi.
  10. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah Pengiriman Barang yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pengguna.
L. Lain-Lain
  1. Penolakan Jaminan dan Batasan Tanggung Jawab
    1. Astro selalu berupaya untuk memastikan keamanan, kenyamanan, dan fungsi layanan dengan baik.
    2. Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Astro (termasuk direktur dan pekerja) tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:
      • Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Aplikasi Astro;
      • Keterlambatan atau gangguan dalam mengakses Aplikasi Astro;
      • Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna;
      • Perselisihan antar Pengguna;
      • Pencemaran nama baik pihak lain;
      • Setiap penyalahgunaan Barang yang sudah dibeli oleh Pembeli;
      • Kerugian akibat pembayaran yang sengaja maupun tidak sengaja dilakukan di luar dari ketentuan dari metode pembayaran Astro;
      • Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses atau menghubungkan ke Aplikasi Astro;
      • Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Aplikasi Astro;
      • Kerusakan pada perangkat keras Pengguna dari penggunaan setiap Aplikasi Astro;
      • Tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan Akun Pengguna; dan
      • Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada Akun Pengguna.
  2. Ketersediaan Layanan
    1. Aplikasi Astro akan tersedia selama 24 (dua puluh empat) jam per hari dan 7 (tujuh) hari seminggu dengan ketersediaan layanan sebesar 99% (sembilan puluh sembilan persen). Keberlakuan ketentuan ini akan mengacu pada kebijakan pemerintah, termasuk namun tidak terbatas pada, penanganan/penanggulangan wabah COVID-19.
    2. Khusus untuk layanan Astro Scheduled Delivery, pengiriman Barang dilakukan secara terjadwal yaitu pada pukul 12.00 sampai dengan pukul 23.00, pada hari senin sampai dengan minggu (kecuali hari libur nasional).
    3. Pihak Astro akan, dari waktu ke waktu, melakukan pemeliharan dan perbaikan atas Aplikasi Astro dengan menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada Pengguna. Pengguna dengan ini mengakui dan menyepakati bahwa, selama proses pemeliharaan dan perbaikan, ada kemungkinan Aplikasi Astro tidak dapat digunakan untuk sementara waktu.
    4. Astro tidak bertanggung jawab atas gangguan sistem dalam Aplikasi Astro atas keadaan yang terjadi akibat hal-hal di luar batas kemampuan yang diakibatkan oleh keadaan kahar.
  3. Keadaan Kahar
    1. Pengguna akan melepaskan Astro dari segala bentuk tanggung jawab atas segala kegagalan yang terjadi dalam pelaksanaan kewajiban-kewajiban yang tercantum di dalam Syarat dan Ketentuan ini, yang disebabkan oleh hal-hal yang berada di luar kuasa dan tidak dapat diduga sebelumnya ("Keadaan Kahar") sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini.
    2. Keadaan Kahar meliputi bencana alam (termasuk antara lain: gempa bumi, angin taufan, banjir, letusan gunung berapi), epidemi, pandemi, kebakaran, pemogokan masal, perang, sabotase, huru-hara, revolusi, kekacauan yang disebabkan keadaan ekonomi, politik, sosial, pemberontakan, perubahan pemerintahan secara inkonstitusional, perubahan peraturan perundangan dan kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi dan moneter yang secara langsung yang berkaitan dengan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini.
  4. Keterpisahan
    1. Apabila ketentuan manapun dari Syarat dan Ketentuan ini, atau bagian darinya, ditetapkan tidak berlaku atau tidak sah oleh pengadilan yang berwenang, keabsahan dan keberlakuan ketentuan lainnya atau bagiannya tidak akan terpengaruh olehnya. Pengguna selanjutnya sepakat bahwa Astro berhak membuat ketentuan pengganti yang memiliki arti yang paling mendekati dengan ketentuan yang tidak berlaku atau tidak sah tersebut.
    2. Astro Instant Delivery dan Astro Scheduled Delivery merupakan jenis layanan pengiriman Barang yang berbeda dan/ atau terpisah satu sama lain, dengan memilih layanan tersebut Pembeli memahami bahwa Pembeli tidak dapat melakukan perubahan atas jenis layanan Astro (Astro Instant Delivery dan Astro Scheduled Delivery).
  5. Pelepasan
    Jika Pengguna memiliki perselisihan dengan satu atau lebih Pengguna lain, Pengguna melepaskan Astro (termasuk Afiliasi, direktur, dan/atau pekerja) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa Barang dalam Syarat dan Ketentuan ini. Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.
  6. Ganti Rugi
    Pengguna akan melepaskan Astro dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Astro (termasuk para Afiliasi, direktur dan/atau pekerja) dari setiap klaim dan tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Pengguna melanggar Syarat dan Ketentuan ini, penggunaan layanan Astro yang tidak semestinya dan/atau pelanggaran Pengguna terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.
  7. Pilihan Hukum
    Syarat dan Ketentuan ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum negara Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Pengguna setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan Aplikasi Astro dan/atau Syarat dan Ketentuan ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan negara Republik Indonesia.
  8. Pembaharuan
    Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu oleh Astro tanpa pemberitahuan sebelumnya. Astro menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Astro, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat dan Ketentuan ini.